Semnas dan Pelantikan Pengurus Alumni Pascasarjana

Pascasarjana UNS. Seminar nasional I dan pelantikan pengurus Keluarga Alumni Pascasarjana Universitas Sebelas Maret (Kapas UNS) dilangsungkan Sabtu, 25 November 2017 pukul 08.00 WIB s.d selesai bertempat di Aula Lt. 6 Gedung Pascasarjana UNS. Seminar nasional mengambil tema Kontribusi Pascasarjana Dalam Memajukan IPTEKS Dengan Berpijak Pada Karakter Kebangsaan. Kegiatan ini diketuai oleh pendidik pada Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret, Dr. Prasetyo Adi Wisnu Wibowo, S.S., M.Hum., yang juga dilantik sebagai Ketua Kapas UNS.

Laporan ketua penyelenggara, Dr. Prasetyo Adi Wisnu Wibowo, S.S., M.Hum., yang juga dilantik sebagai Ketua Kapas UNS.

Hadir dan membuka acara tersebut adalah Prof. Dr. Agr. Sc. Ir. Vita Ratri Cahyani, M.P., Wakil Direktur Bidang Akademik Pascasarjana dan juga guru besar pada Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret.

Sambutan dan membuka acara, Prof. Dr. Agr. Sc. Ir. Vita Ratri Cahyani, M.P., Wakil Direktur Bidang Akademik Pascasarjana

Prof. Vita, menyampaikan bahwa “pertama, perjalanan upaya untuk merealisasikan pembentukan pengurus keluarga alumni pascasarjana; kedua, bahwa acara semnas pertemuan dengan alumni ini akan mjd keg rutin tiap tahun; dan ketiga harapan ke depan akan peran dan kontribusi alumni untuk mendukung almamater UNS tercinta”.

Lebih lanjut, “keempat, selain itu acara seminar nasional ini juga merupakan forum nasional yang dapat mewadahi berbagai karya mahasiswa pascasarjana baik dari UNS maupun PT di Indonesia lainnya untuk dipresentasikan dan dipublikasikan dalam prosiding nasional, yang sangat bermanfaat untuk memenuhi salah satu syarat capaian pembelajaran bagi mahasiswa program magister; kelima bahwa tema Semnas “Kontribusi Pascasarjana Dalam Memajukan IPTEKS dengan Berpijak Pada Karakter Kebangsaan” dimaksudkan untuk menyegarkan, menguatkan dan memantapkan nilai-nilai moral, nilai-nilai kebangsaan, nilai-nilai etika akademis yang harus menyatu dalam karakter dan sikap yang harus dimiliki setiap mahasiswa dan lulusan”, jelas Prof. Vita.

“Karena disadari bahwa dalam era globalisasi ini, ancaman eksternal dan internal juga makin dasyat dan makin beragam”, pungkas Prof. Vita.

Selain itu nampak hadir adalah Wakil Direktur Bidang Keuangan dan Umum Pascasarjana Universitas Sebelas Maret, Drs. Harjana, M.Si. M.Sc., Ph.D, sedangkan dari Ikatan Keluarga Alumni Universitas Sebelas Maret (IKA UNS) Pusat yaitu Dr. H. Abdul Kharis Almasyhari, S.E., M.Si., Akt. CA. (Ketua Komisi I DPR RI) sebagai narasumber dalam seminar nasional dan sekaligus mewakili Ketua Umum untuk melantik pengurus Keluarga Alumni Pascasarjana Universitas Sebelas Maret (Kapas UNS), serta Sekretaris Jenderal, Bambang Dwi Wahyudi. Narasumber yang lain adalah Prof. Dr. Aidul Fitriciada Azhari, S.H., M.Hum. (Ketua Komisi Yudisial Indonesia), Dr. Ir. Suroyo, M.Si. (Alumni S-2 dan S-3 Ilmu Lingkungan UNS), dan Dr. H. Abdul Chair Ramadhan, S.H., M.H. (Ahli Hukum Dewan Pimpinan MUI/ Akademisi/ Alumni S-3 Ilmu Hukum UNS).

Pelantikan pengurus Keluarga Alumni Pascasarjana (Kapas) UNS.

Seminar nasional dibagi dalam 2 (dua) sesi, yaitu untuk pelaksanaan sesi 1 dengan narasumber Prof. Dr. Aidul Fitriciada Azhari, S.H., M.Hum. (Ketua Komisi Yudisial Indonesia), dan Dr. H. Abdul Kharis Almasyhari, S.E., M.Si., Akt. CA. (Ketua Komisi I DPR RI/ Alumni UNS), dan dimoderatori oleh Prof. Sahid Teguh Widodo, S.S., M.Hum., Ph.D., guru besar pada Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret.

Sedangkan untuk pelaksanaan sesi 2 dengan narasumber yang telah memiliki prestasi serta karier di tingkat nasional, yaitu Dr. Ir. Suroyo, M.Si. (Alumni S-2 dan S-3 Ilmu Lingkungan UNS), dan Dr. H. Abdul Chair Ramadhan, S.H., M.H. (Ahli Hukum Dewan Pimpinan MUI/ Akademisi/ Alumni S-3 Ilmu Hukum UNS), dan dimoderatori oleh Prof. Dr. Agr. Sc. Ir. Vita Ratri Cahyani, M.P., Wakil Direktur Bidang Akademik Pascasarjana dan juga guru besar pada Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret.

“Pelaksanaan seminar nasional berjalan lancar, isi pemaparan pada dua kali sesi pleno sangat interaktif dan hangat antara mahasiswa dan alumni peserta seminar sangat semangat”, terang Dr. Prasetyo selaku ketua pelaksana yang sekaligus juga dilantik sebagai Ketua Kapas UNS.

Selanjutnya diberitahukan kepada para alumni untuk melakukan registrasi secara online ke alamat berikut:

…:: https://alumni.uns.ac.id/registrasi/ ::..

BIDIKAN LENSA

Post Author: alumni

Administrator halaman IKA UNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *